Entri yang Diunggulkan

Kumpulan Link Pusat Belanja Tas & Koper Online di Xinfushop.co.id

Cari Pusat Belanja Tas & Koper Online Di Xinfushop , hubungin : 081260227278. Bisa Cicilan 0% & Free Ongkir.   Pusat Belanja TAS...

Minggu, 27 Maret 2016

Cara Berpindah Dan Melihat Isi Direktori / Folder Melalui Terminal Di Linux

Direktori adalah komponen dari sistem berkas yang mengandung satu berkas atau lebih atau satu direktori lainnya atau lebih, yang disebut dengan subdirektori. Di windows, mungkin kita jarang mendengar yang namanya direktori. Tapi, sebenarnya di windows juga ada direktori, tapi didalam windows kita sering menyebutnya dengan sebutan folder. Sebenarnya, folder dan direktori itu sama saja, hanya beda penamaan. Istilah folder umumnya dipakai dalam sistem operasi windows, sedankan istilah direktori umumnya digunakan di sistem operasi linux.


Di windows, mungkin untuk melihat dan berpindah folder mudah-mudah saja, karena hanya tinggal klik folder tujuan berpindah. Tapi, pada linux sedikit berbeda, karena untuk berpindah dan melihat isi direktori kita harus memasukkan command di terminal. Nah, disini kita saya akan membagikan bagaimana caranya untuk melihat dan berpindah isi direktori melalui terminal di linux. Nah, untuk teman-teman yang belum mengetahui cara tersebut, silahkan langsung disimak tutorial di bawah ini.

Cara Melihat Isi Direktori

Pertama, buka terminal dengan cara menekan Ctrl + Alt + T pada keyboard. Setelah itu ketikkan command yang memang digunakan melihat isi direktori yaitu command "ls". lalu menekan enter.

Seperti pada contoh di bawah ini, saya langsung mengetikkan ls. Setelah itu, maka akan dimunculkan semua isi dari direktori home (karena, jika membuka terminal otomatis akan berada di direktori home, dengan tanda (~).


Bukti bahwa di direktori home(~) terdapat data-data seperti pada contoh di atas:







Cara Berpindah Direktori dan Sub Direktori

1. Untuk berpindah direktori, command yang digunakan adalah "cd nama direktori" (tanpa tanda petik).

Seperti pada contoh di bawah ini, saya akan berpindah direktori dari direktori home (~) ke salah satu direktori yang ada di dalamnya. Nah, di sini saya akan berpindah ke direktori Downloads. Jadi saya ketikkan "cd Downloads" (tanpa tanda petik), lalu menekan enter. Maka, setelah itu kita akan langsung berpindah di direktori Downloads, yang ditandai dengan berubahnya posisi direktori, yang awalnya ~$ , berubah menjadi ~/Downloads.


Note : Perhatikan penggunaan huruf kapital jika pada saay ingin berpindah direktori.

2. Jika ingin berpindah ke sub direktori yang ada di dalam direktori tempat Anda berada sekarang, cukup ketikkan "cd nama sub direktori" , lalu tekan enter.

Seperti pada contoh di bawah, saya berpindah ke sub direktori "Videos" , dimana sebelumnya saya berada pada direktori "Downloads".


 3. Jika ingin berpindah secara langsung dan cepat ke suatu sub  direktori yang berada di direktori lain, maka ketikkan command "cd nama direktori/nama sub direktori" (tanpa tanda kutip), lalu tekan enter.

Seperti pada contoh di bawha ini saya ingin berpindah di subdirektori "Videos" yang berada di direktori "Downloads", jadi saya ketikkan "cd Downloads/Videos". lalu, setelah itu tekan enter.



Cukup mudah kan untuk melihat isi dan berpindah direktori ataupun sub direktori ? 
Semoga postingan ini dapat membantu Anda. Sampai jumpa di postingan InTutoKo berikutnya.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar