Entri yang Diunggulkan

Kumpulan Link Pusat Belanja Tas & Koper Online di Xinfushop.co.id

Cari Pusat Belanja Tas & Koper Online Di Xinfushop , hubungin : 081260227278. Bisa Cicilan 0% & Free Ongkir.   Pusat Belanja TAS...

Sabtu, 01 Oktober 2016

Penyebab Port USB Laptop Tidak Terdeteksi

Tidak terdeteksinya port usb pada laptop termasuk salah satu permasalahan yang sering terjadi. Jika terjadinya masalah ini, pasti sangat menjengkelkan, karena tanpa adanya port usb yang berfungsi, maka sangat susah untuk melakukan aktivitas yang menggunakan perangkat-perangkat pendukung, seperti flashdisk, printer, mouse dan lainnya. Selain menjengkelkan, dapat pula membuat kita jadi was-was, karena bisa saja berpotensi kerusakan pada komponen laptop kita. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab timbulnya masalah ini, jadi jika terjadi hal demikian kita perlu teliti dalam mendiagnosa permasalahannya. Nah, pada postingan kali ini kita akan membahas hal-hal yang dapat menyebabkan tidak terdeteksinya port usb pada laptop.

Penyebab Port USB Laptop Tidak Terdeteksi




Pada postingan ini, ada tiga hal penyebab port usb tidak terdeteksi, yang akan kita bahas. Mengapa tiga ? Nah, kita akan membahas tiga hal, karena ketiga hal ini lah yang pernah saya alami. Untuk itu, silahkan perhatikan penjelasannya di bawah ini.


Tidak Terinstallnya Driver Port USB 


Driver Port USB

Kemungkinan terkecil yang menjadi penyebab tidak terdeteksinya port usb pada laptop adalah tidak terinstallnya driver port usb pada laptop. Mengapa saya mengatakan kemungkinan terkecil ? Karena inilah hal yang sangat mudah diatasi dan tanpa perlu mengeluarkan biaya. Untuk mengatasi hal tersebut, cukup lakukan instalasi driver pada laptop Anda, baik menggunaan DVD Driver dari laptop Anda jika ada, atau Anda bisa download driver laptop Anda di internet. 


Rusaknya Port USB (yang menggunakan kabel flexibel)


Port USB With Flexibel Cable

Hal selanjutnya yang kemungkinan dapat menjadi penyebab tidak terdeteksinya port usb pada laptop adalah port usb tersebut yang rusak. Tapi hal ini umumnya terjadi di laptop yang menggunakan kabel flexibel sebagai penghubung beberapa port usbnya ke mainboard. Untuk mengetahui apakah laptop kita menggunakan kabel flexibel atau tidak, tentunya kita harus membongkar terlebih dahulu laptop kita. Jika masalah ini terjadi, solusinya adalah gantilah port usb tersebut. Biasanya, terdapat pada toko-toko komputer.


Terjadinya Kerusakan Pada Chip Controller

Chip Controller

Hal ini adalah hal penyebab yang paling fatal dan mengerikan dianatara hal-hal penyebab lainnya. Mengapa demikian ? Karena jika hal inilah yang menyebabkan tidak terbacanya port usb pada laptop Anda, maka kita perlu melakukan pembersihan pada chip controller tersebut, dan pembersihannya pun sangat susah dilakukan, karena kita harus membongkar laptop dan harus menggunakan alat yang bernama blower (harganya mahal). Selain itu, bukan hanya pembersihan yang mungkin kita lakukan, karena jika ternyata chip controller tersebut rusak secara total, maka chip controller tersebut harus diganti, yang tentunya harga dari sebuah chip controller juga sangat mahal. Tapi lebih mahalan blower sih.

Selain susah dan mahal dalam mengatasi hal ini, juga memiliki resiko yang tinggi. Karena apabila terdapat kesalahan sedikit saja dalam proses penanganannya, bisa-bisa laptop Anda mati total. Biasanya yang mengalami hal ini, jarang yang memperbaikinya sendiri, tapi lebih memilih membawa ke tukang service. Alasannya yah, karena itu tadi, susah, beresiko tinggi, dan memerlukan dana yang banyak. Kalo dibawa ke tukang service, dana yang perlu dikerluarkan pastinya lebih sedikit dibanding jika ingin memperbaiki sendiri, karena kita tidak perlu membeli blower. hehehehe




Itulah hal-hal yang dapat menyebabkan port usb pada laptop tidak terdeteksi. Semoga dengan artikel ini, dapat membantu dan menambah wawasan kita semua. mohon maaf jika ada kekurangan pada postingan ini, karena apa yang saya posting semuanya sesuai dengan pengalaman saya pribadi. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar