Entri yang Diunggulkan

Kumpulan Link Pusat Belanja Tas & Koper Online di Xinfushop.co.id

Cari Pusat Belanja Tas & Koper Online Di Xinfushop , hubungin : 081260227278. Bisa Cicilan 0% & Free Ongkir.   Pusat Belanja TAS...

Senin, 26 September 2016

Belajar Membuat dan Mengelola WebSite Dengan XAMPP

Belajar website mungkin adalah hal yang diminati oleh banyak orang. Tetapi terkadang untuk melakukan proses pembelajaran mengenai website memerlukan modal yang sangat besar. Tapi, tenang saja sekarang kita sudah dapat belajar website dengan hanya bermodalkan laptop / komputer saja. Pada postingan kali ini Intutoko akan membahas suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk belajar website. Mungkin teman-teman pernah melihat ataupun mendengar bahwa di dalam pembuatan ataupun management suatu website biasanya menggunakan OS Server yang umumnya kita harus memiliki skill tertentu untuk menjalankan OS tersebut, Seperti debian server, ubuntu server, windows server dan lain-lain. Nah, disini kita akan membahas menganai suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk memanagement suatu website yang mana aplikasi tersebut dapat dinakan untuk OS desktop. Katakanlah, misalnya seperti OS Windows 7, 8 dan lain-lain.



Aplikasi yang dimaksud yang dapat digunakan untuk belajar mengenai pembuaatan ataupun management website adalah aplikasi XAMPP. Aplikasi ini sudah lama ada, tetapi tidak ada salahnya jika saya ingatkan kembali mengenai aplikasi ini, karena mungkin masih banyak yang belum tahu akan hal ini. Selain itu, aplikasi ini memag wajar untuk saya bahas, karena memang aplikasi ini sampai sekarang masih banyak digunakan karena memiliki fitur yang dapat membantu kita dalam belajar mengenai website. Saya rasa basa basi diatas, sudah dapat memberikan beberapa gambaran mengenai apa yang akan di bahas kali ini. Dari pada penasaran dengan aplikasi XAMPP yang akan di bahas, silakan  di simak penjelasan mengenai XAMPP lebih terperinci di bawah ini.



Penjelasan XAMPP


XAMPP adalah program aplikasi pengembang yang dapat digunakan untuk mengembangkan website berbasis PHP dan MySQL. Aplikasi ini adalah aplikasi yang di buat oleh Apache Friend. Dengan aplikasi ini, kita dapat melakukan simulasi untuk pengembangan website. Jadi, sama dengan yang saya jelaskan sebelumnya, bahwa dengan aplikasi ini, kita dapat malukan semua pembelajaran mengenai website. XAMPP ini adalah aplikasi yang disediakan secara gratis, jadi tentunya dapat digunakan oleh siapa saja. Program XAMPP ini dilengkapi dengan fitur management database PHPMyadmin seperti pada hosting asli, sehingga kita dapat melakukan pengembangan terhadap web berbasis database secara mudah.

Program XAMPP ini bekerja dengan cara membuat server sendiri pada laptop / komputer yang digunakan. Sistem ini biasa disebut dengan server local (localhost). Jadi, aplikasi ini dapat digunakan tanpa perlu terhubung ke internet. Dengan XAMPP kita dapat memasang, mendesign, dan melakukan hal lainnya terhadap CMS. XAMPP biasanya digunakan oleh para pelajar website pemula, seperti Admin sendiri dengan cara memadukan XAMPP dengan CMS yang tersedia saat ini, seperti Joomla, Wordpress, Prestashop, dan lain-lain. Jadi, tidak perlu susah-susah lagi belajar mendesign halaman web dengan menggunakan host sungguhan, Cukup lakukan simulasi dengan menggunakan Aplikasi XAMPP ini.


Nama XAMPP ini merupakan suatu singkatan. Nah, berikut kita akan bahas mengenai singkatan tersebut.
·        
  • X : X ini, merupakan huruf yang menandakan dan mengartikan 4 sistem operasi. Mengapa sistem operasi ? Karena XAMPP ini dapat dijalankan di 4 sistem operasi yang ada saat ini, yaitu sistem operasi Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.
  • A : A merupakan singkatan dari Apache. Semuanya pasti sudah tahu apa itu apache. Apache adalah salah satu aplikasi web server yang paling populer, yang mana aplikasi inilah yang menjalankan web server. Sesuai dengan fungsinya sebagai aplikasi web server, jadi aplikasi inilah yang menghasilkan suatu halaman web. Apache ini merupakan aplikasi open source, jadi kita dapat melakukan pengeditan terhadap aplikasi ini secara bebas.
  • M : M merupakan singkatan dari MySql. Mysql adalah aplikasi yang digunakan untuk mengolah database server. Perkebangan dalam mysql disebut SQL yang artinya adalah Structured Query Language. Dengan aplikasi ini kita dapat melakukan pembuatan, pengeditan dan hal lainnya terhadap file database.
  • P : P merupakan singkatan dari PHP. PHP ini merupakan bahasa pemrograman web. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server side scripting, yang mana dengan PHP  memungkinkan kita untuk membuat suatu halaman web yang bersifat dinamis.
  • P : P merupakan singkatan dari Perl. Perl juga termasuk bahasa pemrograman. Perl sering digunakan dalam program-program CGI (Common Gateway Interface).


Mungkin dari beberapa penjelasan diatas, sudah ada gambaran yang jelas mengenai XAMPP. Nah, intinya, bagi Anda yang ingin belajar untuk melakukan pengolahan website, aplikasi inilah yang sangat cocok untuk digunakan. Karena, aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan kita untuk melakukan simulasi terhadap pengelolaan suatu website. Jadi, tunggu apalagi bagi Anda yang ingin belajar mengenai Website langsung saja gunakan aplikasi XAMPP ini.


Sekian postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat mudah dipahami. Mohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan, karena Admin juga manusia biasa yang masih dalam tahap belajar. Sampai jumpa pada postingan Intutoko selanjutnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar