Entri yang Diunggulkan

Kumpulan Link Pusat Belanja Tas & Koper Online di Xinfushop.co.id

Cari Pusat Belanja Tas & Koper Online Di Xinfushop , hubungin : 081260227278. Bisa Cicilan 0% & Free Ongkir.   Pusat Belanja TAS...

Jumat, 30 September 2016

Cara Menyembunyikan File Atau Folder Dengan CMD

Menyembunyikan suatu folder ataupun file-file mungkin menjadi hal yang pernah atau bahkan sering dilakukan oleh para pengguna komputer, karena alasan keamanan, yang mana kadang terdapat suatu file / folder yang memang sangat penting dan tidak boleh untuk di buka oleh orang lain, baik itu file untuk urusan pekerjaan, data pribadi, ataupun keperluan lainnya. Saat ini, untuk menyembunyikan suatu file atau folder sangat banyak cara yang dapat dilakukan. Baik itu menggunakan aplikasi pihak ketiga, menggunakan tools yang terdapat pada my computer, dan banyak cara lainnya. Tapi pernahkan Anda menyembunyikan suatu file dengan menggunakan sistem dari windows sebagai penyembunyinya ? Nah pada postingan kali ini kita akan membahas cara menyembunyikan folder/file menggunakan sistem dari windows sebagai penyembunyinya. Jadi, dengan demikian kita tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga sebagai penyembunyinya. Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi bawaan windows sendiri, yaitu Command Prompt (CMD).

Menyembunyikan file atau folder menggunakan CMD menurut saya adalah hal yang paling efektif untuk menyembunyikan file / folder, dari pada cara-cara lainnya. Karena dengan cara ini, tentunya kita tidak perlu menginstall aplikasi pihak ke tiga yang memerlukan penggunaan komponen penyimpanan (seperti RAM) yang tentunya dapat menurunkan kinerja dari laptop / komputer kita, serta dengan cara ini dapat memberikan hasil yang maksimal dalam penyembunyian filenya. OK, daripada penasaran langsung saja disimak tutorialnya di bawah ini.


1. Pertama-tama, bukalah terlebih dahulu tempat dimana file yang ingin Anda sembunyikan, di my computer. Disini, saya akan menyembunyikan folder dengan nama "new folder" yang terletak dalam folder "sembunyi" tepatnya di drive "E:"




2. Selanjutnya, bukalah cmd dengan cara menekan Ctrl+R di keyboard lalu ketikkan cmd dan tekan enter.




3. Setelah muncul tampilan cmd, ketikkan perintah attrib +s +h "E:\sembunyi\new folder" lalu tekan enter. Gantilah "E:\sembunyi\new folder"  dengan lokasi tempat file yang ingin Anda sembunyikan. (pemisah antar foldernya menggunakan tanda \ <garis miring terbalik>). Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.


4. Hasilnya akan seperti ini jika di cek di my computer. Folder yang telah disembunyikan akan tidak terlihat.


Lalu, bagaimana cara untuk memunculkannya ? berikut caranya.


Cara menampilkan kembali folder yang telah disembunyikan

1. Pertama, buka CMD lalu ketikkan  attrib -s -h "lokasi file/folder yang Anda sembunyikan" lalu tekan enter. Untuk lebih jelasnya perhatikanlah gambar di bawah ini



2. Selanjutnya, dapat Anda cek pada my computer, dan hasilnya folder yang Anda sembunyikan akan muncul kembali.



Lalu bagaimana jika Anda lupa nama folder / file yang Anda sembunyikan. Berikut caranya:

Jika Anda lupa nama folder / file yang Anda sembunyikan, tenang saja, caranya cukup mudah, perhatikan penjelasan berikut.

1. Bukalah CMD dan ketikkan lokasi disk tempat folder yang Anda sembunyikan lalu tekan enter. Karena saya menyembunyikan foldernya di disk E, jadi saya ketikkan perintah E: lalu enter.


2. Anda bisa menggunakan perintah dir/a  untuk melihat isi dari disk/folder/direktori yang Anda masuki. Jika folder yang Anda sembunyikan adalah sub folder (folder dalam folder) maka untuk berpindah folder ketikkan perintah CD E:\sembunyi(ganti dengan lokasi folder yang Anda sembunyikan) lalu tekan enter,  dan Anda bisa ketikkan dir/a jika sudah berada di dalam folder/subfolder tersebut. Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa gambar berikut.






Cukup mudah kan tutorial kali ini ? semoga tutorial kali ini dapat mudah dimengerti. Sampai jumpa di postingan Intutoko selanjutnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar