Entri yang Diunggulkan

Kumpulan Link Pusat Belanja Tas & Koper Online di Xinfushop.co.id

Cari Pusat Belanja Tas & Koper Online Di Xinfushop , hubungin : 081260227278. Bisa Cicilan 0% & Free Ongkir.   Pusat Belanja TAS...

Selasa, 06 September 2016

Cara Menambah Partisi Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Pada tutorial kali ini, yang akan kita bahas adalah mengenai partisi harddisk. Apakah itu partisi ? partisi adalah bagian dari harddisk yang terbagi di dalam sistem operasi. hal yang akan kita bahas mengenai partisi disini adalah mengenai cara menambah jumlah partisi harddisk tanpa aplikasi pihak ketiga menggunakan OS Windows. Jadi yang kita gunakan hanyalah aplikasi bawaan windows.



Untuk menambah partisi harddisk, maksudnya adalah tidak menambah kapasitas dari harddisk tersebut, tapi melakukan pembagian dari suatu partisi sehingga membentuk partisi baru. Jadi, untuk melakukan penambahan partisi ini, Anda perlu menyediakan partisi yang belum penuh atau dapat dikatakan masih memiliki ruang kosong. Cara melakukannya cukup mudah, langsung saja disimak tutorial di bawah ini.


1. Pertama-tama, buka my computer, dengan cara klik icon my computer yang terdapat di desktop atau tekan "Windows+R".

2. Setelah itu, klik kanan pada my computer lalu pilih manage untuk membuka windows management. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.


3. Selanjutnya, pada tampilan yang dimunculkan klik pada "disk management" yang berada di sebelah kiri. Perhatikan gambar di bawah ini


4. Setelah berada di dalam disk management, perhatikan partisi yang akan Anda bagi. disini saya akan membagi partisi dengan label (D:) . Jadi nantinya partisi (D:) ini akan terbagi sehingga membentuk partisi baru dengan mengurangi kapasitas dari partisi (D:) tadi. Klik kananlah pada partisi tersebut lalu pilih "Shrink Volume".


5. Setelah mengelik "Shrink Volume" maka akan diimunculkan tampilan, yang mana pada tampilan ini, kita akan mengatur kapasitas partisi baru yang akan di buat. Disini, saya akan membuat partisi baru dengan kapasitas 100GB, jadi saya ketikkan 102000, karena kapasitas dalam pengaturan kapasitas partisi ini adalah MB. setelah mengisi kapasitas, klik "Shrink" seperti pada gambar di bawah ini.



6. Selanjutnya, tunggu sampai proses selesai, maka akan muncul sebuah partisi baru yang berwarna hitam (Unallocated). Klik kananlah pada partisi tersebut, lalu pilih "New Simple Volume".


7. Selanjutnya, klik next pada tampilan yang dimunculkan.


8. Klik next lagi pada tampilan yang dimunculkan.


9. Pada tampilan selanjutnya yang dimunculkan, disini kita akan memilih label untuk partisi baru sebagai identitas partisi baru tersebut. Disini saya filih (F:).


10. Setelah memilih label partisi yang akan dibuat, klik next pada tampilan yang dimunculkan.


11. Pada tampilan yang dimunculkan, disini kita akan menentukan nama dari partisi baru yang akan dibuat. Secara default adalah "New Volume". Disini saya gunakan yang default saja. Jika sudah memberikan nama partisi, klik next.


12. Setelah itu, klik finish pada tampilan yang dimunculkan.


13. Setelah mengklik finish maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah yang berarti bahwa proses pembagian / penambahan partisi baru sudah selesai dan siap untuk digunakan.


Dapat diliat pada my computer, telah ada partisi baru yang kosong.



Cukup mudah kan untuk membuat partisi dari harddisk Anda bertambah ? Nah, mudah-mudahan postingan intutoko kali ini dapat mudah dipahami dan dapat bermanfaat bagi teman teman semua. Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar