Entri yang Diunggulkan

Kumpulan Link Pusat Belanja Tas & Koper Online di Xinfushop.co.id

Cari Pusat Belanja Tas & Koper Online Di Xinfushop , hubungin : 081260227278. Bisa Cicilan 0% & Free Ongkir.   Pusat Belanja TAS...

Jumat, 30 September 2016

Hal-Hal Yang Dapat Anda Lakukan Jika Laptop Anda Sering Panas

Laptop Anda sering panas ? tenang saja, hal tersebut adalah hal yang umum terjadi, dan hampir pernah dialami oleh semua pengguna laptop. Banyak hal yang dapat menyebabkan laptop kita panas, bisa karena hardware yang memiliki masalah ataupun ada masalah pada softwarenya. Hal ini bukan hal yang dapat disepelekan, karena bisa berakibat fatal pada laptop kita, Bahkan dapat mengakibatkan mati total pada laptop kita. Jika terjadi hal demikian, banyak hal yang dapat kita lakukan agar supaya masalah tersebut bisa teratasi.


laptop panas


Pada postingan kali ini, kita akan membahas mengenai hal tersebut, karena hal inilah yang kadang jadi suatu kendala bagi semua pengguna laptop. Hal-hal yang akan saya jelaskan kali ini, sesuai dengan pengalaman dan hal-hal yang memang pernah saya alami dan saya lakukan. Untuk itu, perhatikan penjelasan berikut ini.



1. Memasang Aplikasi Utility

aplikasi utility

Memasang aplikasi utility pada laptop Anda mungkin adalah solusi pertama yang dapat Anda lakukan. Karena dengan aplikasi utility, sistem yang ada pada laptop akan menjadi lebih optimal, dengan artian aplikasi utility dapat meningkatkan performa / kinerja laptop Anda. Hal ini bisa Anda lakukan, jika laptop Anda hanya mengalami perubahan suhu yang tidak terlalu signifikan (tidak terlalu panas). Jika laptop Anda sudah sangat panas, mungkin hal ini tidak dapat mengatasi panas yang ada di laptop Anda. Ada banyak aplikasi utility yang  tersedia dan dapat Anda gunakan saat ini, beberapa diantaranya, yaitu : Glary Utilities, Comodo Tune Up, 3DP Chip, Daemon Tools Lite, dan lain-lainnya.


2. Membersihkan Debu Yang Ada di Dalam Laptop Anda

aplikasi utility

Hal selanjutnya yang sering jadi penyebab laptop menjadi panas adalah debu yang ada pada laptop. Jadi yang harus Anda lakukan adalah melakukan pembersihan terhadap semua komponen laptop Anda yang kotor karena debu. Komponen yang paling berpengaruh terhadap panasnya laptop adalah, motherboard. Jadi, lakukanlah pembersihan pada komponen laptop Anda, terutama motherboard (dengan cara membongkar laptop Anda) menggunakan alat-alat pembersih, misalkan kuas, penyedot debu (khusus laptop) dan lainnya.

3. Membersihkan RAM 

aplikasi utility

Jika ke dua hal tadi masih belum dapat mengatasi panas pada laptop Anda, selanjutnya langkah ini mungkin dapat Anda lakukan. Nah, mungkin kurang yang menyangka jika RAM (Random Access Memory) dapat menyebabkan panas pada laptop. Nah, hal ini sesuai dengan pengalaman saya. Saya pernah menangani laptop yang panas, yang ketika saya sudah bersihkan RAMnya, masalah panas yang ada pada laptop langsung teratasi. Untuk membersihkan RAM laptop, caranya adalah dengan menggosok kaki-kaki ram (yang warna kuning) dengan menggunakan karet penghapus.

4. Mengolesi Thermal Paste (Pasta Thermal) Pada Laptop

aplikasi utility

Jika ke tiga hal diatas belum bisa mengatasi masalah panas pada laptop Anda. Maka, inilah hal terakhir yang harus Anda lakukan. Nah, hal penyebab panas pada laptop yang paling sering dan yang merupakan hal  yang dapat berakibat fatal pada laptop Anda adalah panasnya processor. Nah, jika laptop Anda sudah sangat panas, besar kemungkinan panas itu bersumber dari processornya. processor menjadi panas, disebabkan karena sudah keringnya thermal paste pertama / starter dari laptop Anda, jadi termal pasthe pada laptop Anda harus diganti / diolesi dengan thermal paste yang baru. Thermal paste banyak tersedia di pasaran, terutama di toko - toko komputer. Nah, untuk mengolesi thermal paste pada laptop tentunya Anda harus membongkar laptop Anda, karena processor pastinya berada di lapisan dalam pada laptop Anda. Perlu diingat, untuk mengolesi thermal paste pada processor Anda perlu hati-hati, karena jika tidak, bisa saja laptop Anda tidak dapat menyala, setelah salah dalam teknik pengolesan thermal paste.



Mungkin artikel ini dapat membantu teman-teman sekalian. Mohon maaf jika ada kesalahan. Sampai jumpa pada postingan Intutoko berikutnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar