Entri yang Diunggulkan

Kumpulan Link Pusat Belanja Tas & Koper Online di Xinfushop.co.id

Cari Pusat Belanja Tas & Koper Online Di Xinfushop , hubungin : 081260227278. Bisa Cicilan 0% & Free Ongkir.   Pusat Belanja TAS...

Kamis, 29 September 2016

Cara Konfigurasi NTP Server Di Debian Server 8.5

Cara Konfigurasi NTP Server Di Debian Server 8.5


NTP (Network Time Provider) adalah sebuah protokol yang berfungsi untuk mengsinkronisasikan waktu lebih dari satu perangkat dalam suatu jaringan. Jadi, dengan NTP ini kita dapat dengan mudah untuk memanagement waktu di dalam suatu jaringan, baik itu jangkauan yang sempit sampai dengan jaringan yang jangkauannya luas seperti internet.

Pada postingan kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu pengaplikasian NTP, yaitu NTP Server. NTP Server berarti suatu NTP (Network Time Protocol) yang berfungsi untuk menyediakan suatu sistem yang dapat mengsinkronisasikan waktu dari jaringan yang ada dalam server tersebut. Sehingga, semua client yang terkoneksi ke server tersebut mendapatkan pengaturan waktu yang sama dengan server. Sudah ada gambaran kan mengenai NTP Server ? kalau begitu, langsung saja disimak tutorialnya di bawah ini.


1. Setelah melakukan booting dan telah login sebagai root, pertama-tama lakukan instalasi paket yang akan digunakan untuk NTP Server. Ketikkan perintah "apt-get install ntp" lalu tekan enter. Sama seperti biasanya, pada saat proses instalasi, masukkanlah DVD sesuai dengan binary DVD yang diminta.


2. Setelah paket ntp selesai diinstall. Ketikkan perintah "nano /etc/ntp.conf" lalu tekan enter untuk melakukan pengeditan pada file ntp.conf


3. Carilah tulisan seperti pada gambar di bawah ini.


4. Selanjutnya, tambahkanlah tanda pagar di depan semua tulisan yang saya berikan tanda merah diatas, lalu tambahkan script berikut tepat di bawahnya.


server 127.127.1.0
server 127.127.1.0 stratum 1

Untuk lebih jelasnya perhatikanlah gambar di bawah ini.


5. Selanjutnya tetap pada file yang sama, carilah tulisan #restrict 192.168.123.0 mask 255.255.255.0 notrust , dan tambahkanlah script berikut di bawahnya.

restrict ip subnet dari ip lan Anda. mask netmask dari ip yang Anda masukkan nomodify notrap 

untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.




6. Simpanlah file tersebut dengan cara menekan "Ctrl+X" lalu tekan "y" dan enter.


7. Selanjutnyam agar script yang ditambahkan tadi bisa berjalan, maka lakukanlah restart file dengan cara mengetikkan  /etc/init.d/ntp restart lalu tekan enter. 




Setelah berhasil melakukan restart terhadap file ntp, berarti ntp server kita sudah berhasil. selanjutnya kita akan melakukan pengecekan ntp server yang telah kita konfigurasi di client. Berarti sama saja kita juga akan menjalankan ntp client. Disini saya menggunakan laptop dengan sistem operasi windows 7 sebagai client. Berikut langkah-langkahnya.

  • Sebelum melakukan pengaturan di laptop client, ubahlah terlebih dahulu waktu pada server Anda. Perhatikanlah gambar berikut ini.

  • Selanjutnya, perhatikanlah pada waktu yang ada pada laptop Anda, tepatnya di bagian sudut kanan pada taskbar Anda.
                                                   
Disini menunjukkan pukul 10 : 01

  • Setelah memastikan waktu, kliklah pada tampilan waktu tersebut dan klik change date and time setting

  • Klik pada tab internet time dan pilih change setting seperti pada gambar di bawah ini
  • Nah, pada tampilan yang dimunculkan isilah pada bagian server dengan IP Lan Anda lalu klik update now  dan tunggu beberapa saat, sampai muncul tulisan the clock was sucsessfully sinchronized with........... yang mendandakan bahwa sinkronasi waktu pada client dengan server sudah berhasil. Klik OK jika sinkronasi sudah sukses.
  • Dengan demikian, maka waktu yang ada pada laptop client akan berubah sesuai dengan waktu yang telah di tetapkan pada server.



Cukup mudah kan dalam mengkonfigurasi NTP Server di linux debian ? semoga postingan ini dapat dengan mudah dipahami. Sampai jumpa pada postingan Intutoko berikutnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar