Entri yang Diunggulkan

Kumpulan Link Pusat Belanja Tas & Koper Online di Xinfushop.co.id

Cari Pusat Belanja Tas & Koper Online Di Xinfushop , hubungin : 081260227278. Bisa Cicilan 0% & Free Ongkir.   Pusat Belanja TAS...

Minggu, 04 September 2016

Tombol-Tombol Yang Digunakan Untuk Mempercepat Konfigurasi Server

Dalam konfigurasi server di debian, tentunya memerlukan kesabaran dan ketelitian yang sangat tinggi, karena sangat banyak script yang harus dimasukkan yang tentu caranya dengan diketik. Jadi kesimpulannya, konfigurasi server di debian sangat membutuhkan waktu yang lama, berhubung karena script yang digunakan dalam konfigurasi server sangat banyak. Nah, disini kita akan membahas bagaimana caranya untuk lebih mempercepat proses konfigurasi server di debian menggunakan tombol pintas.



Ada beberapa tombol pintas yang akan kita bahas kali ini. Tombol pintas yang akan kita bahas adalah tombol pintas yang memang tersedia di dalam os debian. yang akan kita bahas disini adalah tombol pintas yang memang umunya dapat sangat membantu kita untuk lebih cepat dalam melakukan konfigurasi. Ada 4 tombol yang akan kita bahas disini, yaitu tombol Tab, Ctrl+k + Ctrl+u, Ctrl R, dan Ctrl W+CtrlR. Ke empat tombol pintas tersebut akan kita bahas tuntas disini. Langsung saja disimak pembahasannya di bawah ini.


1. Tombol TAB Untuk Menampilkan File / Isi Direktori Secara Cepat

Yang pertama akan kita bahas adalah mengenai tombol tab. Tombol tab yang ada pada keyboard dapat digunakan untuk menampilkan semua isi direktori ataupun langsung menulis nama file ataupun direktori berdasarkan huruf pertama yang diketik.

Cara penggunaannya, cukup mudah, yaitu ketik sebagian perintah ataupun nama file yang Anda inginkan lalu tekan tab, maka akan dimunculkan nama file yang Anda maksud. Misalkan disini saya ketik "nano /etc/n" dan tekan tab maka akan muncul semua nama file /direktori dengan huruf awal "n", dan selanjutnya saya melanjutkan pengetikan "nano /etc/net" dan kemudian menekan tab, maka secara otomatis, akan tertulis "nano /etc/network", karena tidak ada lagi direktori file dengan 3 huruf pertama yaitu "net" selain "network". Untuk lebih mudah dimengerti silahkan perhatikan gambar dibawah ini.



2. Ctrl+K dan Ctrl+U Untuk Melakukan Cut Ataupun Copy Script Secara Cepat

Ctrl + K pada linux digunakan untuk cut, sementara Ctrl + U untuk uncut. Kedua tombol ini biasanya dipadukan, sehingga pengeditan script dapat betrlangsung cepat. langsung saja dilihat contoh penggunaannya di bawah ini.

Disini saya akan mengcut semua script yang ada di dalam kotak merah. Cara kerjanya adalah cukup tekan "Ctrl+K" pada baris script yang akan di copy, jika yang akan di copy adalah lebih dari beberapa baris, maka tekan juga Ctrl+K beberapa kali.


Setelah menekan tombol Ctrl+K beberapa kali, maka script akan nampak seperti terhapus. Nah, selanjutnya tekan "Ctrl+U" sebanyak berapa kali script yang tadi anda cut inginkan. Disini saya tekan Ctrl+U sebanyak 2 kali, maka akan muncul pula script itu sebanyak 2 kali. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.


3. Ctrl + R Untuk Mengcopy Isi Suatu File Ke Dalam File Yang Sementara Dalam Proses Pengeditan.

Ctrl+R berfungsi untuk mengcopy isi suatu file kedalam file yang di edit. Cara pengerjaanya, yaitu apabila Anda ssudah ada dalam file yang Anda edit, maka langsung tekan Ctrl+R dan selanjutnya tulis direktori tempat dimana file yang Anda ingin copy isinya berada. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan di bawah ini.


Disini, saya berada didalam file mail yang berada di direktori "/etc/apache2/sites-enabled/mail. Disini saya akan mengcopy semua isi dari "/etc/apache2/sites-enabled/www". Jadi, langsung saja tekan Ctrl+R dan ketikkan "/etc/apache2/sites-enabled/www" lalu tekan enter.


Jika sudah menekan enter, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini, yang merupakan isi dari file "www" yang berada di direktori "/etc/apache2/sites-enabled/www".




4. (Ctrl+W) dan (Ctrl+R) Untuk Mengganti Sebuah Teks Dengan Teks Yang Diinginkan.

Jika Ctrl W dan Ctrl R dipadukan maka akan sangat memepermudah dalam konfigurasi server, yang mana gunanya adalah untuk mengganti sebuah kata dengan kata yang kita inginkan. Langsung saja disimak caranya di bawah ini.

  • Pertama, tekan Ctrl+W, lalu tekan Ctrl+R, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini



  • Selanjutnya, ketikkan kata yang akan Anda ganti. Disini saya akan menggati ikran, maka saya ketikkan ikran, lalu tekan enter.

  • Setelah menekan enter , selanjutnya, ketikkan kata yang akan menggantikan kata yang akan Anda ganti. Disini saya akan mengganti "ikran" dengan "localhost", maka saya ketikkan "localhost" lalu menekan enter. Perharikan gambar dibawah ini.

  • Setelah menekan enter, selanjutnya kita di berikan pilihan. tekan "Y" untuk teks yang ingin Anda ganti, dan tekan "N" untuk teks yang tidak ingin Anda ganti. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.


  • Karena saya menekan "Y" 2 kali, dan menekan "N" sekali, maka hanya 2 teks "ikran" yang tergantikan sementara 1 teks "ikran" tidak tergantikan dengan "localhost". Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.


Cukup mudah kan ? Mudah mudahan informasi sekaligus tutorial ini dapat membantu para pembaca. Apabila ada pertanyaan ataupun masukkan silahkan tulis di kolom komentar. Sampai jumpa di postingan berikutnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar